Broadband...Broadcast...Backbone


Broadband...Broadcast...Backbone


Nah, kali ini saya akan memposting sesuatu yang berhubungan dengan internet yaitu: broadband, Broadcast, dan Backbone...... langsung saja.....

 •             BROADBAND


-Pengertian Broadband adalah suatu service jaringan internet yang dapat menyediakan kebutuhan seperti streaming audio dan video, yang dapatkita saksikan melalui Komputer baik di rumah atau mobile dengannotebook. Maksudnya streaming audio contohnya seperti mendengarkan radio yang dipancarkan tanpa melalui media konvensional seperti saat ini yang sedang kita dengarkan yaitu lewat gelombang radio dimana ada pemancarbroadcasting dan ada radio penerima, yg mana apabila melalui radiokonvensional saat ini ada kekurangannya yaitu hanya dapat menjangkau di suatu lokal daerah tertentu saja umpamanya ada pemancar radio di daerah jabotabek, hanya dapat di terima di daerah jabotabek ini pula, juga tergantung dari daya atau kekuatan pemancar radio tersebut.tetapi bila menggunakan jaringan internet khususnya menggunakan broadband network ini, suatu pemancar radio setempat dapat di dengarkanbahkan ke seluruh dunia, melalui jenis service ini.begitu pula dengan maksudnya streaming video, sama seperti tadi adapemancar TV seperti umpama RCTI, SCTV, dll yg dapat kita saksikanmelalui TV, nantinya akan bisa kita saksikan di komputer atau notebook melalui jaringan Internet broadband network ini.

-Lalu pengertian kedua adalah:

Untuk memiliki service broadband network di jaringan internet ini, syaratnya di sisi pemakai atau user harusmemiliki kecepatan jaringan internet yg tinggi dengan minimal kecepatan256Kbps, untuk solusi ini salah satu teknologinya dapat digunakan denganteknik ADSL yaitu yg mempunyai minimal kecepatan 384Kbps - 512 Kbps.

-Kemudian pengertian ketiga adalah:
Service broadband network harus dapat mudah di akses di mana dan kapan saja. contohnya Warnet sekarang minimal komputernya harus mendukung multimedia agar dapat mendengarkan suara atau gambar dan mengirimkan suara atau gambar via jaringan yg jgharus di dukung pula dengan kecepatan tinggi, seperti menggunakan teknolgi ADSL ini, atau WiFi dengan kecepatan tinggi yg mobilitasnya tinggi.
kemudian yang terakhir, bila service broadband network ini yang ditawarkan oleh suatu ISP dengan harga yang terjangkau pasti nantinya akan banyak diminati oleh masyarakat banyak yang tadinya gatek IT nantinya akan ikutan untuk tidak mau GaTek IT lagi. Ini yg akan melahirkansuatu proses perubahan pandangan dalam menikmati audio visual dari mediakonvensional ke media digital.

Jadi Broadband network ini akan mencakup perubahan sosial nantinya? Iya bisa jadi, akan terjadi olah informasi suatu proses budaya karenainformasi audio visual ini datangnya sudah bukan dari muatan lokal lagi, tapi sudah go International yg dapat menyatukan pandangan secara global.disinilah di perlukan filter diri sendiri personal yang teguh dan kuatuntuk dapat memproteksi dari hal-hal yang tidak baik secara budaya dan agamakita.

Kalau untuk pengertian secara teknisnya kira-kira broadband network ituapa & bagaimana sih? Dari sudut pandang teknis pengertian Broadband network itu adalah,suatu saluran atau channel komunikasi data yang mendukung frekuensipita lebar (maksudnya BroadBand) sehingga dapat memuluskan jalannyadata audio & video agar tidak terputus-putus penyampainnya sampai ke PC/notebook kita. Sangat berbeda dengan saluran komunikasi datapita sempit atau narrowband yg sering kita pakai dengan perumpamaan suatu koneksi ke Internet melalui saluran telpon yg hanya mempunyai kecepatan koneksi terrendah ke internet dengan modem Dial-Upsebesar 56 Kbps.Ada beberapa macam pendapat teknis mengenai pengertian Broadband ini, yaitu:
Menurut Newton's Telecom Dictionary, mengatakan: "...greater than a voice grade line of 3 KHz...some say [it should be at least] 20 KHz

-Kegunaan Saluran Broadband Untuk Akses Internet Global
Broadband Global Area Network disingkat BGAN merupakan varian dari sistem untuk mengakses jaringan internet dunia. BGAN dibuat oleh satu perusahaan Inggris yang mengoperasikan satelit Inmarsat.Meleset dari jadwal awalnya, satelit Inmarsat 4 (I-4) yang harganya 1,5 miliar dollar AS baru diluncurkan bulan Maret 2005. Rencananya satelit ini akan beroperasi secara penuh pada bulan November 2005 dengan layanan Asia, Afrika, dan sebagian besar Australia.Satelit I-4 yang kedua, yang melayani Amerika Serikat, akan diluncurkan akhir tahun 2005. Dengan demikian, secara keseluruhan, I-4 akan dapat melayani seluruh penjuru dunia untuk mengakses internet.Inmarsat adalah operator satelit dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1979, yang pada awalnya merupakan satelit komunikasi yang membantu komunitas pemilik kapal laut dengan meluncurkan tiga jenis satelit dari tahun 1990. Dimulai dengan satelit yang memiliki kapasitas 20 MHz sampai I-4 berkapasitas 126 MHz.Satelit I-4 yang memiliki berat 3.000 kilogram, dengan menggunakan solar array (untuk membangkit listrik) sepanjang 45 meter, mampu memproses bandwidth sebesar 126 MHz berkapasitas akses internet sampai 492 kbps per pelanggan. <!--[if gte vml 1]> <![endif]><!--[if !vml]--> <!--[endif]-->Selain itu,kitajuga dapat menelepon ke seluruh dunia melalui I-4, mengirim SMS dan layanan streaming Internet Protocol (IP) untuk mengirim gambar atau tayangan satu kejadian.Inovasi dari Inmarsat ini betul-betul mengubah paradigma jaringan internet. Sebab, di mana saja di seluruh dunia, kita dapat masuk ke internet dengan kecepatan tinggi dengan hanya membawa perangkat sebesar kamus (A4 atau A5) dan langsung disambung ke notebook atau pesawat telepon.Kendalanya adalah biaya masih relatif mahal. Itu karena untuk meluncurkan satelit, sekaligus merawatnya, dibutuhkan biaya yang besar.

-Keuntungan Broadband
Akses Internet broadband memiliki beberapa keuntungan dalam pengembangannya, antara lain terhadap pembangunan ekonomi dan sosial, terutama karena beberapa alasan berikut:
Meningkatkan nilai kompetitif bisnis. Meningkatnya produktivitas karyawan dalam penggunaan Internet funtuk berbagai kegiatan kerjanya, termasuk melakukan riset, membaca berita online , menyediakan layanan dan dukungan pelanggan online , mengirim/menerima e-mail dengan lampiran berkapasitas besar, memberi barang dan jasa online , dan juga belajar jarak-jauh. Meningkatkan efisiensi kegiatan supply chain , membangun layanan pelanggan yang lebih baik, dan inter-koneksi antara kantor pusat dan kantor cabang yang saling berjauhan.
Meningkatkan perkembangan perusahaan TI, yang saat ini semakin kompetitif di pasar global. Kurangnya akses broadband atau mahalnya akses broadband mendorong terjadinya brain drain ahli TI ke negara-negara yang memiliki dukungan infrastruktur yang lebih maju.
Memfasilitasi E-Government melalui percepatan layanan pemerintahan dan mendistribusikan informasi melalui Internet, melakukan proses pengadaan secara online ( government procurement online ) meningkatkan kecepatan dan efisiensi kegiatan pemerintahan secara menyeluruh.
Mendorong Teleworking dengan memungkinkan setiap orang bekerja dari rumah tetapi tetap terhubung ke kantor, mengurangi waktu bepergian dan sekaligus menghemat biaya, mengurangi kemacatan lalulintas, dan menurunkan polusi udara.
Memperkaya kegiatan belajar-mengajar dan dukungan terhadap perubahan kegiatan pendidikan menuju lebih fokus ke pelajar daripada fokus ke pengajar. Misalnya, karena lebih mudah dan cepatnya akses ke informasi, meningkatkan pel;uang untuk berkomunikasi dan berbagai informasi, mendukung proses pendidikan seumur hidup, memungkinkan memilah-milah sesuai kebutuhan seseorang yang lebih spesifik, menyediakan platform untuk pameran kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah. Akses ke berbagai media online yang kaya data dan informasi diperkirakan akan semakinmendorong motivasi belajar di semua kalangan umur.
Mempromosikan kegiatan Wisata ke kalangan wisatawan maupun para pebisnis, karena konektivitas broadband akan menjadi faktor yang penting dalam menentukan pilihan, baik terhadap hotel dan lokasi yang dipilih para wisatawan.
Memungkinkan Teleconferencing, baik untuk keperluan pertemuan keluarga, pribadi maupun bisnis secara cepat, murah dan aman cukup dengan menggunakan Internet, daripada harus bepergian jauh ke suatu lokasi tertentu.
Memungkinkan Telemedicine dengan semakin meningkatnya kemungkinan pemberian layanan medis, misalnya diagnosis dan perawatan pasien yang sakit, misalnya yang berada di lokasi yang jauh, yang tak memiliki dokter ahli yang memadai. Hal itu juga memungkinkan para dokter dapat secara cepat dan murah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis di tempat yang jauh, misalnya di luar negeri, guna mendapatkan pandangan atas suatu kasus medis tertentu yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman khusus dalam menanganinya.
Menstimulasi E-Commerce dengan memungkinkan akses belanja online dan memajang produk atau layanan informasi dalam media online yang lengkap.
Memungkinkan kegiatan Hiburan dan berbagai kegiatan kreatif lainnya, termasuk buku, musik, drama, film, video, pertunjukan hidup ( live performances ) dapat disampaikan ke peminatnya di seluruh dunia melalui Internet.
Memungkinkan akses data secara cepat dan mudah melalui Internet, yang dapat dilakukan sendiri oleh para peminat yang membutuhkan, baik dalam kaitan menyampaikan informasi, mengajar dan menyebarluaskan informasi ke masyarakat atau kalangan tertentu.
Memungkinkan akses ke berbagai layanan dan konten baru dengan tersedianya akses kapasitas besar, seperti: two-way video conferencing, streaming media, managed outsourced services

•             BROADCAST

Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Di dalam broadcasting sendiri sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi- produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja namun di broadcasting mempelajari praktik bagaimana membuat sebuah tayangan/ konten yang menarik dan enak dilihat atau didengar, atau menurut teori ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang disampaikan sampai kepada khalayak ramai/umum.

Karakteristik broadcasting antara lain: memberi informasi, mendidik dan menghibur. Broadcasting secara harfiah adalah proses pengiriman sinyal/pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya. Sedangkan menurut UU Penyiaran No. 32 tahun 2002 penjelasan tentang dunia broadcast terbagi menjadi 2 yakni siaran (broadcast: kamus bahasa inggris) dan penyiaran (broadcasting: kamus bahasa inggris) yang masing-masing memiliki definisi sendiri-sendiri. Siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, atau

suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter, baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat diterima melalui perangkat penerima siaran. Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di

darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran. SEKILAS BROADCASTING TELEVISI Gambar televisi pertama muncul pada tahun 1920 di Amerika serikat, sedangkan bentuk pesawat televisi pertama muncul di sebuah pameran New York World’s Fair di tahun 1939 dengan ukuran tv 8 x 10 inch. Sistem televisi elektris sendiri diciptakan oleh Vladimir Katajev Zworykin dan dikembangkan lagi pada tahun 1930 oleh Philo T. Fransworth. Jika dilihat dari sejarahnya dunia broadcast tv yang berkembang pesat tentu memang adalah Negara Amerika dan Negara- negara Eropa sampai hari ini. Namun munculnya TV swasta di tahun 1990-an di Indonesia membuat kebijakan pemerintah mengenai televisi berubah secara mendasar, dimana monopoli siaran televisi tidak terulang kembali. Kini sejak era siaran tv swasta semarak perkembangan dunia broadcasting tv pun semakin maju terutama di pertelevisian Indonesia yang jika disimpulkan tv di Indonesia terbagi atas empat yakni: Televisi Negara/ Pemerintah, Televisi Swasta, Televisi Komunitas, Televisi Berlangganan. Keempatnya mempunyai potensi untuk berkembang dan menjadi sarana penyampaian informasi, hiburan dan pendidikan. Namun demikian setiap televisi mengadakan siaran dengan berbagai macam jenis program acara baik drama, nondrama dan news. Di tahun 2003 secara serentak tv swasta nasional bermunculan, hal ini tentu membutuhkan program acara yang semakin banyak pula. Nah, pola inilah yang membentuk dituntutnya tenaga- tenaga ahli (kreatif ) yang mampu membuat program acara televisi secara simultan dan kontinu, sebab televisi tanpa program acara tidak akan pernah ada siaran televisi.

Di samping itu televisi memilki karakteristik yang unik antara lain: pesan yang disampaikan untuk khalayak luas, heterogen dan tidak mengenal batas geografis ataupun kultural, bersifat umum, tidak ditujukan untuk pribadi, cepat, selintas, berjalan satu arah, terorganisasi, periodik dan terarah serta mencakup berbagai aspek kehidupan. Dibanding media lain seperti radio, surat kabar, majalah, buku dan lain sebagainya televisi memiliki sifat yang istimewa. Dimana televisi menggabungkan antara media suara (audio) dan gambar (visul), selain itu televisi bisa bersiafat: informatif (information), menghibur (entertainment),

mendidik (education), politis (propaganda) atau bahkan gabungan keempatnya. [Dari Buku Penulisan Naskah Televisi Format acara Nondrama, News & Sport] BUKU Broadcast: Penulisan Naskah TV (untuk Format Acara TV Nondrama, News & Sport)



•             BACKBONE

Backbone network atau network backbone merupakan sebuah teknik atau infrastruktur dalam sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa jaringan lokal dan bagian-bagian jaringan lainnya yang menyediakan path untuk dapat mengubah paket informasi antara LAN dan subnetwork yang beda. Sederhananya, konsep ini dapat tergambar dari jaringan lokal yang biasa tersambung pada masing-masing lantai di bangunan bertingkat, yang menggunakan satu lajur kabel utama dan kabel khusus. Nah, backbone network inilah yang merupakan jalan,saluran, jalur utama atau biasa disebut dengan jalan tol pada sebuah jaringan. Backbone network ini sendiri dirancang untuk dapat membedakan antara network pada lokasi sama, seperti area perkantoran.

Backbone network (Back_Net) ini merupakan bagian utama dari sebuah desain struktur jaringan pada komputer yang mampu memberikan tingkat stabilitas yang cukup memadai pada jaringan-jaringan tersebut. Disini terlihat bahwa Back_Net dibuat dengan tujuan untuk menyuplai sarana atau lintasan dalam menghubungkan berbagai komponen di dalam jaringan ke sebuah unit yang lebih interaktif. Pendekatan yang digunakan semacam ini memungkinkan Anda untuk dapat menghubungkan berbagai jaringan secara bersama dan bertujuan untuk manage task atau semua aktivitas seperti sharing tipe data tertentu, pada Back_Net yang berfungsi secara independen.

Backbone Network – Konsep
Konsep Back_Net seperti ini merupakan konsep yang sangat banyak digunakan, karena sangat ampuh untuk dapat mencegah bootleneck yang menyerang server induk. Secara teknis, kabel yang digunakan merupakan jenis fiber optic dengan kabel RG-58/8. Konektor yang digunakan seperto ST untuk fibel optic, BNC pada kabel RG-58 dan AUI pada kabel RG-8. Secara umum, backbone network yang sering digunakan adalah backbone yang menyediakan infrastruktur yang mendukung jaringan tunggal (individu) yang terdapat pada area pusat (misalnya kantor pusat ) dimana seluruh karyawan yang menyebar di seluruh dunia dapat sharing data dengan proses yang sangat mudah. Pendekatan jaringan yang serupa juga sering diterapkan pada kampus-kampus, dengan cara membuat jaringan lokal yang dapat difungsikan pada setiap bangunan yang terhubung dengan sistem terpusat dan memungkinkan untuk berbagi data melalui interkoneksi jaringan, dimana semua jaringan berjalan secara independen namun masih dapat bertukar data dalam jaringan terhubung.


Komponen Penting Backbone Network
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum membangun Back_Net, antara lain :

1.            Penyediaan seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk membangun desain jaringan, seperti jenis data, service, frame relay dan IP.

2.            Perhatikan kapasitas yang diperlukan untuk membuat Back_Net. Hal ini sangat tergantung pada desain output yang diinginkan.

3.            Pertimbangan setiap desain topologi dan teknologi yang digunakan untuk membangunnya.

4.            Konsep atau rancangan topologi sangat berpengaruh pada letak node, jumlah, desain jalur/  sambungan dan seluruh desain akses backbone.

5.            Konsep penggabungan trafic pada path yang memiliki tipe yang berbeda

6.            Platform yang digunakan sesuai dengan bandwidth yang dimiliki

7.            Perangcangan Rerouting dan redudancy

8.            Pemilihan teknologi bridge backbone ring dll


Alasan Penggunaan Backbone Network :
1.            Kecenderungan peningkatan kebutuhan interkoneksi pada jaringan lokal

2.            Adanya peningkatan kecepatan data transfer khususnya data dengan tipe multimedia seperi grafis, audio, video, yang kecepatan transfer FDD hingga 100Mbps

3.            Diyakini bahwa proses instalasi dan pengaturan manajemen backbone network ini dianggap lebih sederhana, efektif dan efisien dengan jarak jangkauan yang sangat luas

4.            Backbone network ini mampu menangani masalah transfer bottleneck

5.            Memiliki sistem ketahanan kegagalan (fault tolerance) yang tinggi bila

Penulis : zul karnain ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Broadband...Broadcast...Backbone ini dipublish oleh zul karnain pada hari Rabu, 28 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Broadband...Broadcast...Backbone
 

0 komentar:

Poskan Komentar